Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WOW, SEGELAS KOPI DISINI HARGANYA BISA MENCAPAI 100 RIBU RUPIAH

Pacitan, Glenakglenik.com-- "Mas, sampean nek mbayar kopi neng kene piro?" tanya seorang traveller kepada seseorang yang kebetulan ngopi bareng disebuah rest area di Masjid Baitul Mukminin Gemaharjo yang terletak di  jalur Ponorogo-Pacitan. Sebuah masjid dipinggir jalan yang juga menyediakan tempat istirahat lengkap dengan beberapa fasilitas baik toilet, juga rest area nya.


Yang menarik disitu juga disediakan fasilitas kopi dengan menyeduh sendiri. Ada dispenser air panas, gelas yang cukup bersih, beberapa pilihan sachet kopi dan satu kotak amal yang disediakan kepada traveller untuk beramal atau hitung hitung sbg biaya ganti segelas kopi. Tidak ada pelayan, tidak ada tarif pun juga tidak ada penjaga. Semua adalah tentang kepercayaan dan kejujuran.
"mboten mesti mas, tapi minimal lima ribu saya biasanya" jawabnya sambil menghisap rokok "Alami" nya. " lhoh kok minimal pak? brarti pernah lebih dari itu ya? Tanya traveller penasaran.
"Oh iya mas, kl ngopi disini saya kan ga semata mata ngopi, jadi sambil istirahat saya bisa skaligus beramal untuk kemakmuran masjid". "Brapa pak paling tinggi yang pernah sampean masukkan untk segelas kopi?" tanyanya penuh selidik. "Saya pernah juga memasukkan ke kotak sebanyak 50.000 rupiah, ga pasti lah mas." "Oh ya ya" gumamnya.

Itulah uniknya ngopi, dimanapun tempatnya semua memiliki makna tersendiri bagi penikmatnya. Jumlah uang yang dibayarkanpun tidak harus menjadi standar yang pasti. Ada nilai yang sudah dipedomani oleh para penghoby kopi. 
Semua dibayar dengan sukarela dan tanpa paksaan dan tidak membayarpun juga tidak akan kena marah juga hujatan, karena tidak ada tarif dan standar harga. Menghargai kopi menyesuaikan dengan isi kantong siapapun yang singgah disana. Yang pasti uang yang terkumpul didalam kotak adalah buah dari keikhlasan hati. 
Sudahkah anda mampir disini? Dijamin anda setelah "membayar" segelas kopi, akan menyisakan kebahagiaan yang kadang susah untuk didapatkan. Tidak akan ada rasa "nggrundel" berapapun itu anda bayarkan.




Post a Comment for "WOW, SEGELAS KOPI DISINI HARGANYA BISA MENCAPAI 100 RIBU RUPIAH"

Ads Post 4