Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

mak' mek' mak' mek' sal' sel' sal' sel'


Dalam suasana genting seperti ini, ketika kemunculan virus corona masih menyisakan tanya apa obatnya, banyak orang berspekulasi sebagai bentuk usahanya dalam mencegah penyebaran dari virus tersebut. Banyak ragam yang dilakukan, entah itu berbentuk ramuan pencegahan, resep obat, tips dan trik sehat atau bahkan hanya sekedar hiburan untuk menghalau kegundahan diri.
Maklum orang jawa, biasanya orang jawa selalu terdepan dalam memiliki solusi untuk setiap apapun.
Ada dua istilah bahasa jawa yang saat ini menjadi pantangan untuk dilakukan, sebuah ungkapan yang memiliki kecenderungan "agak" negatif. Nah dengan kemunculan virus corona ini, seyogyanya masyarakat harus lebih waspada untuk tidak dengan mudah "makk mekk makk mekk, sallsellsallsell,

Ya dua istilah itu cukup familiar dibenak orang jawa, makkmekk artinya "seseorang yang dengan mudahnya menyentuh apapun itu" sallsell artinya seseorang dengan mudahnya mengambil sesuatu dan menyimpannya ditempat penyimpanan pribadinya. Contoh seperti ungkapan berikut " lek karto nek enek prawan tangane kudu mlayu wae, makkmekk sak penake dewe" maksudnya mudah menyentuh bagian2 tertentu dari wanita. Contoh selanjutnya " kang, nek enek duwit ke yo digenahke sik itungane ojo mung sall sell wae to" Intinya keduanya dilakukan dengan sangat mudah dan berbekal sebuah kebiasaan karena sudah terbiasa dan terlatih.

Nah untuk kondisi saat ini, dua ungkapan bahasa jawa tersebut sangat layak untuk benar benar dihindari. Demi mencegah penyebaran virus corona. Jangan mudah menyentuh orang siapapun itu apalagi orang yang belum dikenal, dan jangan mudah mengambil sesuatu, minimal hati hati terhadap uang, jangan mudah sal sell sall sell memasukkan ke saku kita..ada banyak vorus corona didalamnya.

Post a Comment for "mak' mek' mak' mek' sal' sel' sal' sel'"

Ads Post 4